Usai Menempuh Pendidikan SMA, Asrama Yasop Gelar Graduation TB-32

Berita

Usai Menempuh Pendidikan SMA, Asrama Yasop Gelar Graduation TB-32

Pada hari Senin, 8 April 2024, Asrama Yayasan TB Soposurung menggelar acara graduation untuk siswa-siswi Angkatan ke-32 (TB-32) di Hall Museum TB Silalahi Center. Sebelum dimulainya acara graduation, siswa-siswi melakukan kunjungan ke makam Opung TB Silalahi di Hall Of Silent. Mereka dengan penuh penghormatan menyerahkan bunga tanda kehormatan terakhir kepada Opung sebagai simbol penghargaan dan mengenang peran beliau sebagai pendiri Asrama Yayasan TB Soposurung. Setelah berziarah, mereka menuju lokasi acara dan bersiap menyambut kedatangan orang tua mereka.


TB-32 ziarah ke makam Opung TB Silalahi

Gambar: Kesenatan Asrama Yayasan TB Soposurung


Tepat pukul 10.30 WIB, suasana Hall Museum menjadi semakin ramai ketika siswa-siswi TB-32 bersama dengan dewan pembina, dewan pengawas, pengurus yayasan, dan pengurus asrama berkumpul di depan museum. Diiringi oleh musik dan tarian adat Batak Toba, mereka dengan khidmat menyambut kedatangan orang tua dan tamu undangan, termasuk pengurus dinas pendidikan, SMA Negeri 2 Balige, dan Persatuan Alumni Yasop Bonapasogit.


Setelah semua orang tua dan tamu undangan menempati tempat duduknya, acara dimulai dengan doa pembuka yang dipimpin oleh Bapak Syamsul Maulana, orang tua dari siswa Ekza Maulana (TB-32). Suasana haru begitu terasa ketika video perjalanan TB-32 ditampilkan. Video tersebut mengingatkan perjalanan mereka selama di asrama dan menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Balige. Moses Tambunan selaku ketua angkatan mewakili siswa-siswi TB-32 untuk menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh orang tua, pengurus yayasan, pengurus asrama, dan sekolah kepada seluruh siswa-siswi.


Graduation kali ini juga diwarnai dengan pentas seni dari TB 32. Mereka  menyanyikan berbagai lagu yang diajarkan oleh Opung TB semasa hidupnya dan berbagai lagu Batak yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua. Saat lagu "Burju ni dainang" dinyanyikan, siswa-siswi beranjak dari tempat duduk mereka menuju orang tua. Tidak ada yang dapat menahan tangisan haru ketika siswa-siswi mendekati orang tua mereka dan  memberikan bunga sebagai ungkapan terima kasih atas segala dukungan yang telah diberikan selama ini.


Alumni yang bersatu dalam persatuan alumni Yayasan TB Soposurung (Paryasop) dalam momen tersebut dengan resmi menyambut lulusan baru Asrama Yayasan TB Soposurung, siswa-siswi angkatan ke-32 sebagai anggota baru Paryasop. Bapak Eko Pardede selaku ketua Paryasop Bonapasogit menyampaikan bahwa acara mengharukan ini telah mengingatkan perjalanan yang telah dilewati oleh para alumni dan menyampaikan motivasi bagi anggota baru agar semangat dalam melanjutkan perjalanan untuk meraih cita-cita.


Salah satu momen paling dinanti adalah penyerahan stola oleh Bapak Lutfi Krida Silalahi kepada siswa-siswi yang telah menyelesaikan pendidikan menengah. Sorak sorai dan tepuk tangan meriah mengiringi setiap nama yang dipanggil. Setelah penyerahan stola, acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Ketua Dewan Pembina, Bapak Lutfi. Dalam pidatonya, bapak lutfi mengucapkan selamat atas keberhasilan TB 32 dalam menyelesaikan pendidikan sekolah menengah  dan menyampaikan pesan penting kepada TB 32 agar bangga menjadi alumni Asrama Yayasan TB Soposurung yang diwujudkan dengan senantiasa menjalankan nilai-nilai yang telah diperoleh yakni allegiance, gentleman conduct, brotherhood, pursue of glory dan competitiveness.


Penyematan  stola oleh Bapak Lutfi Krida Silalahi kepada siswa-siswi TB-32

Gambar: Kesenatan Asrama Yayasan TB Soposurung


Acara graduation ditutup dengan doa pemberangkatan TB-32 oleh Bapak Hendri Napitupulu, Ketua Dewan Pengawas Yayasan TB Soposurung. Semua yang hadir berharap agar para lulusan dapat mengukir jejak mereka dengan keberanian, ketekunan, dan integritas di masa depan.


Setelah acara graduation selesai, siswa-siswi TB-32 bersama orang tua menuju Asrama Yayasan TB Soposurung untuk makan bersama. Usai makan siang bersama, seluruh pamong asrama berbaris di lapangan apel menghadap siswa-siswi untuk memberikan ucapan selamat dan melakukan seremoni pelepasan terakhir sebelum siswa-siswi kembali ke rumah orang tua. Selamat kepada semua lulusan TB-32, semoga kesuksesan senantiasa mengikuti langkah-langkah kalian!

Makan bersama di aula Asrama Yayasan TB Soposurung

Gambar: Kesenatan Asrama Yayasan TB Soposurung


PPDB Tahun Ajaran 2024/2025 Telah Dibuka!

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk bergabung menjadi keluarya Yayasan T.B. Soposurung serta menjalani perjalanan pendidikan yang berkualitas guna menjadi Penerus Bangsa Terbaik.