TB-34 Parent Meeting: Sosialisasi Peminatan dan Pembentukan KOT

Berita

TB-34 Parent Meeting: Sosialisasi Peminatan dan Pembentukan KOT

Balige, 11 Mei 2024 - Pada hari ini, Asrama Yayasan Tunas Bangsa Soposurung menggelar rapat dengan orang tua siswa-siswi TB 34 secara virtual melalui platform Zoom, dengan dua agenda utama: sosialisasi peminatan dalam Kurikulum Merdeka dan pembentukan Komite Orang Tua TB 34. Rapat ini dihadiri oleh orang tua siswa-siswi TB 34, tim manajerial asrama, dan seluruh guru asrama. Para orang tua disambut dengan hangat oleh tim pengurus asrama, yang menegaskan pentingnya peran orang tua dalam mendukung perkembangan pendidikan siswa-siswi di Asrama Yayasan Tunas Bangsa Soposurung.


Sosialisasi peminatan ini diadakan untuk memberikan informasi yang komprehensif kepada orang tua mengenai penentuan mata pelajaran pilihan yang akan diikuti oleh siswa-siswi TB 34 di kelas XI, serta mengajak orang tua agar memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa/i dalam proses menentukan mata pelajaran pilihan tersebut. Dalam rapat ini, Bapak Sedison Silali selaku Kepala Asrama Yayasan Tunas Bangsa Soposurung memberikan presentasi yang rinci tentang prinsip Kurikulum Merdeka, menjelaskan struktur mata pelajaran dalam Kurikulum Merdeka, membahas setiap program peminatan yang tersedia, peluang karir, serta manfaat yang terkait dengan masing-masing jalur peminatan, terutama dalam mendukung persiapan siswa-siswi untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, kedinasan, kemiliteran, kepolisian, dan lain sebagainya sesuai pilihan siswa/i. Dalam menentukan mata pelajaran pilihan, beliau menyoroti pentingnya mempertimbangkan minat, bakat, dan kemampuan akademik siswa/i, serta sumber daya yang tersedia di sekolah.


Setelah pemaparan dilakukan, para orang tua diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi tentang kekhawatiran atau pertanyaan mereka terkait proses pemilihan peminatan. Pengurus asrama juga memberikan panduan kepada orang tua dalam memberikan dukungan yang efektif kepada anak-anak mereka dalam membuat keputusan yang tepat.


Selain itu, dalam rapat ini juga Bapak Sedison mensosialisasikan pembentukan Komite Orang Tua TB 34. Beliau menjelaskan pentingnya memiliki wadah formal bagi orang tua siswa-siswi untuk menyampaikan aspirasi, masukan, dan kebutuhan terkait kebijakan asrama dan kesejahteraan siswa-siswi. Usulan pembentukan komite ini disambut dengan baik oleh orang tua yang hadir secara virtual, dan sepakat untuk berperan aktif dalam komite tersebut. Dengan demikian, diharapkan kerjasama antara pihak asrama dan orang tua dapat terjalin lebih erat dalam mendukung perkembangan pendidikan siswa-siswi Asrama Yayasan Tunas Bangsa Soposurung.


Rapat ini berlangsung dalam atmosfer yang penuh kerjasama dan antusiasme. Para orang tua mengekspresikan rasa terima kasih mereka atas kesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proses pemilihan peminatan, serta untuk berbagi pengalaman dengan sesama orang tua. Rapat ini mencerminkan komitmen Asrama Yayasan Tunas Bangsa Soposurung dalam melibatkan orang tua secara aktif dalam pendidikan anak-anak mereka serta mendukung perkembangan holistik siswa-siswi. Diharapkan bahwa melalui pemahaman yang diperoleh dari sosialisasi peminatan Kurikulum Merdeka dan melalui kerjasama antara pihak asrama dan orang tua melalui Komite Orang Tua TB 34, siswa-siswi dapat meraih kesuksesan dalam pendidikan mereka dengan lebih baik.


PPDB Tahun Ajaran 2024/2025 Telah Dibuka!

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk bergabung menjadi keluarya Yayasan T.B. Soposurung serta menjalani perjalanan pendidikan yang berkualitas guna menjadi Penerus Bangsa Terbaik.